Koleksi Cerita di Tiap Lembar Tiket

tixTiket secara umum biasa dikenal sebagai alat tukar atau retribusi atas sebuah pertunjukan. Tidak salah memang itulah fungsi utamanya. Selain itu tiket bisa dijadikan sebagai instrumen klasifikasi kelas penonton sesuai dengan kemampuan dan target market, dan tentu sebagai sumber pemasukan penyelenggara pertunjukan. Namun bagaimana bila dikatakan, tiket juga bisa menjadi sebuah alternatif koleksi memorabilia yang bernilai?! Ini yang tentu menarik. Ya, tiket pertandingan olahraga, musik, maupun beragam jenis tiket lain kini sudah cukup menjadi barang buruan kolektor.

tiket

Hal ini diamini oleh Adfan Cholifatur Rochman, kawan yang gemar mengoleksi tiket pertandingan sepak bola yang didatanginya. Sebagai Arek Suroboyo, kebanyakan koleksinya didominasi oleh tiket pertandingan Persebaya Surabaya.¬†“Setiap tiket itu memiliki cerita, dan pasti ada pertandingan-pertandingan yang membekas di ingatan” ungkap pemilik akun Facebook dengan nama Van Joel Sanders ini. Ditanya mengenai apakah pernah tiket yang ia koleksi diperjual-belikan, ia mengaku tidak pernah berniat menominalkan koleksinya. “Nggak lah, sayang, buat cerita untuk anak-cucu nanti. Apalagi semakin sering saya datang ke stadion, koleksi saya juga makin banyak, itu berarti juga makin banyak cerita” lanjut kawan yang sejak Tahun 2013 tergabung sebagai anggota Surabaya Jersey Community tersebut.

Tidak mengherankan, di bidang olahraga misalnya, tiket merupakan salah satu bukti yang paling konkrit dari terselenggaranya sebuah pertandingan, lengkap dengan sejarahnya dan kenangannya baik secara ke-arsip-an maupun secara personal bagi kolektornya. “Tiket paling membekas bagi saya yakni tiket pertandingan antara Persebaya vs Persija di IPL, karena salah seorang kawan saya meninggal sewaktu di pertandingan itu” kenangnya. Melebihi nilai dan fungsi aslinya, tiket dalam hal ini mampu melebur menjadi instrumen pengingat akan suatu pengalaman dan memiliki nilai khusus yang bersifat personal. Lain pemilik lain cerita.

88

bp

Koleksi jenis memorabilia bisa sangat beragam. Dan untuk saat ini, mengoleksi tiket memang masih belum sangat populer di kalangan pecinta memorabilia, setidaknya secara umum jika tolak ukurnya adalah jumlah dan keberagaman komunitasnya. Tiket lebih sering hanya dianggap sebagai pelengkap untuk memorabilia lainnya. Namun seiring komoditas sports & entertainment show yang makin berkembang dan meluas, tak akan mengherankan apabila trend ini bakal jadi hal yang jamak nantinya. Mengingat di situs eBay misalnya, tiket pertandingan begitu banyak diperjual-belikan dengan harga yang begitu variatif dan begitu banyak peminat pula. Jadi mulai kini, pastikan untuk tidak membuang bagian dari sejarah tersebut ke dalam tong sampah. Simpan dan abadikan ceritanya. (bjw)

Baca Juga: Melampaui Batas Rasional dan Material

Subscribe memorabola.com di bagian bawah laman ini, dan ikuti terus updatenya.