Tiada Jersey, Kolor-pun Jadi

calcio_f04c9ccKembali ke 2016, tepatnya Mei Tahun lalu. Saya bersama rekan-rekan Maglia Bianconeri Indonesia berkumpul dalam sebuah big event, terutama bagi para penggemar sepak bola Italia era 90-an. Event bertajuk Calcio Legend yang dipromotori oleh Grande Evento, menghadirkan legenda-legenda Calcio yang bahkan hampir tidak pernah saya impikan secara pribadi untuk bertemu. Alessandro Del Piero, David Trezeguet, Angelo Peruzzi, Ciro Ferrara, Gianluca Zambrotta, Fabio Cannavaro, Hernan Crespo, dan banyak lainnya. Unbelieveable!

ferr
Momen ketika Ciro Ferrara melemparkan celananya ke curva supporter.

Singkat cerita mulai pengalaman hunting tanda tangan, meet and greet, hingga menonton langsung di stadion tidak saya lewatkan semenitpun. Tapi bukan memori ‘kebahagiaan yang transendental’ itu yang akan saya bagikan. Ini cerita lain yang (mungkin) lebih gila, ketika sebuah celana yang basah dan bau bisa membuat seseorang bahagia dan terharu. Saat itu saya ingat persis ada seorang kawan yang mendapatkan langsung lemparan kolor (celana) bekas tanding dari Ciro Ferrara! Sebuah peristiwa yang saya kira hanya terjadi di Italia, ketika para legenda itu mendatangi satu sudut kurva dan melemparkan jersey maupun celana mereka. Dan itu terjadi di sini, di Indonesia! Adalah kawan bernama Edy Prasetyo, anggota komunitas Amici Bianconeri Indonesia dari kurva selatan yang mendapatkan ‘durian runtuh’ tersebut. Memorabola mendapat kesempatan untuk berkorespondensi langsung dengan kawan yang akrab dipanggil Tyo itu untuk membagikan euforia pengalaman uniknya yang akan turut membawa kita membayangkan sensasi yang terjadi pada saat itu. Berikut petikan Q&A singkat kami:

Q: Bagaimana rasanya mendapat ‘throw of your life’ langsung dari Ciro Ferrara saat itu

A: Rasanya seperti gak percaya aja bisa dapet langsung celana salah satu legenda Juventus. Bulu kuduk serasa merinding jadi keingetan sama stadionOlimpico Turin, serasa abis match, Ciro (Ferrara) ke tribun curva terus ngelemparin kolornya ke arah supporter, it’s so amazing brooo! Belum lagi saat itu harus naik pagar pembatas yang tinggi supaya lebih dekat jangkauannya. Pokonya kalau jatuh ke bawah mah Wassalam lah hahaha! Tapi melihat momen yang gak bakalan dateng lagi, tanpa pikir panjang langsung saya panjat pagar. Kalau dipikir-pikir lucu juga ya, demi sebuah celana sampai gak peduliin keselamatan, hahaha…

Q: Apa yang anda teriakkan?

A: Saya teriak “Ciro…Ciro…Cirooo!” dan akhirnya celana itu dilempar tepat ke arah saya. Ya seperti legend-legend lainnya, kami di curva selalu memberikan chant-chant untuk mereka, begitu pula dengan Ferrara kami menyanyikan chants untuknya selama 90 menit tanpa henti!

Q: Merasa aneh mendapat celana bekas main?

A: Aneh??? Ya awalnya aneh, tapi sekali lagi kerasa seperti mimpi.

Master

Q: Anda bersama kawan-kawan komunitas saat itu?

A: Ya, saya pribadi ada di komunitas Amici Bianconeri Indonesia, saat itu juga berbagi curva bersama beberapa kelompok dan komunitas supporter lainnya.

Q: OK, this will sound silly, tapi apakah saat itu anda mencium bau celana tersebut? Jika iya, ceritakan sensasinya, please!

A: Itu sudah pasti! Hahaha! Walaupun sudah tau asem/bau tapi rasa penasaran itu pasti ada. Jangankan saya yang mendapatkan secara langsung, teman-teman yang lainnya juga pada nyium. Itu gokil men, seakan lo ga pernah nyium bau celana lo sendiri! Hahaha!

Ikhtisar

pantsferrSebuah event yang keren dan mampu memantik antusiasme para penggemar olahraga di Indonesia yang merindukan pagelaran akbar sepak bola bernuansa entertainment. Lebih keren lagi sebetulnya, para legenda yang melakoni pertandingan melawan eks Primavera Baretti (yang juga dihuni pemain-pemain legendaris Tanah Air) tersebut dengan menggunakan apparel asli Indonesia. Adalah apparel Soccerz yang berasal dari Bogor yang menjadi rekanan. Namun sayangnya saya mendapati kurangnya gaung dari merchandise event ini dan kami sempat kesulitan untuk mendapatkan jersey Calcio Legend, meskipun akhirnya ada beberapa kawan komunitas yang membantu dengan cara membuka PO langsung ke apparel terkait. Entah terkendala regulasi sponsorship atau sebagainya, cukup disayangkan potensi promosi yang begitu besar, dengan produk yang jujur bisa saya katakan cukup menarik, agak terlewatkan begitu saja oleh Soccerz Bogor dengan sulitnya mendapatkan merchandise event ini.

Setidaknya, Memorabola cukup beruntung, kini salah satu memorabilia penting yang didapatkan Tyo (celana bekas pakai Ferrara) itu telah masuk ke dalam salah satu inventaris koleksi kami. Terima kasih kepada rekan-rekan di komunitas, dengan demikian akhirnya kami bisa ikutan mencium bau celana Ciro Ferrara! 😀 (bjw)

Subscribe memorabola.com di bagian bawah laman ini, dan ikuti terus updatenya.