Harga Murah Sebuah Nyawa, Itu Bukan Sepak Bola!

stop1Baru-baru ini pecinta bola tanah air terhenyak dengan berita meninggalnya kawan bobotoh dan seorang korban lain juga seorang supporter di Sleman Jawa Tengah akibat pengeroyokan. Kami sepakat bahwa sepak bola seharusnya menjadi panggung yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan, karena sepak bola adalah olahraga rakyat, terlebih adalah budaya, cerminan kemajemukan masyarakat. Kekerasan yang terkadang terkandung di sepak bola adalah murni tindakan barbar dan kriminalitas, bukan bagian daripadanya. Kekerasan bukanlah bagian dari sepak bola!

stop3Terpisah, kami ingat seorang kawan dari Surabaya, Fauzi namanya. Ia mengisahkan pengalaman hidup yang barangkali tidak semua supporter punya. Ia seorang Bonek Liar yang memiliki fanatisme luar biasa terhadap Persebaya Surabaya. Ia mengingat bagaimana ia naik di atas kereta yang berjalan sangat kencang, bagaimana ia diburu oleh supporter lawan hingga berlarian tercecer, dilempari batu, pertumpahan darah, menjarah counter handphone di Kota yang disinggahi, makan tanpa bayar di warung dan melarikan diri, ia juga ingat bagaimana seseorang dilempar keluar dari kereta yang sedang melaju kencang akibat sebuah perselisihan kecil, bagaimana kawannya meregang nyawa terkena kabel listrik yang melintang ketika berada di atap kereta. Dan pada satu titik, semua itu harus berubah. Fanatisme tidak harus selalu lekat dengan bahaya. Membahayakan orang lain, terutama diri sendiri. Budaya itu harus diubah. Dan iapun sadar betapa beruntung masih bisa hidup hingga kini, beristri, dua anak, setelah semua kegilaan masa muda yang telah dilaluinya. Sungguh kawan kami ini bersyukur masih bisa membagikan kisahnya bersama kami ditemani teh panas dan roti. Kami merinding mendengarkan ceritanya, sungguh.

Militansi sepak bola itu luar biasa dan tanpa syarat. Namun pertanyaannya apakah cara sebuah dukungan itu sudah tepat dan proporsional?! Kreatif ataukah destruktif?! Untuk seluruh kawan yang gugur atas nama sepak bola, siapapun, dimanapun. Moral kami beserta kalian dan keluarga yang ditinggalkan. Kekerasan bukanlah sepak bola! (bjw) 

Subscribe memorabola.com di bagian bawah laman ini, dan ikuti terus updatenya.