Umar Syarief: Memenangkan Hidup

umar syarief


246230_620
Sumber: Antara News

Di dalam kehidupan setiap manusia pasti mempunyai cerita. Entah manusia itu kelak akan sukses atau menjadi orang biasa, tapi semua pasti telah melalui perjalanan kehidupannya masing-masing. Ingin menjadi orang yang sukses pasti impian semua orang. Sukses dibidang apa saja. Tapi itu hanya di dunia remang-remang karena kelak semua akan sirna. Karena kita berada di dunia yang sifatnya sementara. Dari sinilah saya ingin membagikan sepenggal kisah perjalanan hidupku.

Aku ingin memulai cerita ini dari masa kecilku, masa mudaku…

Sewaktu kecil aku sangat nakal, selalu bikin susah orang tuaku, tetanggaku, dan mungkin juga banyak orang lainnya. Ayahku seorang tentara. Suatu hari ayahku harus bekerja di Arab Saudi. Beliau melakukannya untuk membesarkanku, dan saudara-saudaraku, keluargaku. Saya pernah berjualan es waktu kecil untuk membantu ibuku, namun bukannya uang itu saya kasih ke ibu, malah saya buat bermain-main.

Pergaulan luar sangat keras, membuatku tidak sadar waktu terus berjalan dan terbuang dengan percuma. Satu sosok yang selalu kuingat, Ayahku. Ayahkulah yang begitu berjasa atas apa yang terjadi kepadaku kini, karena dialah saya bisa masuk Karate.

Dengan berjalannya waktu, namanya juga anak kecil, Karate hanyalah sebatas Karate, seperti main-main saja, dan saya sempat berhenti di tengah jalan. Setelah sekian Tahun vakum, Ayahku terus mendorongku tanpa lelah agar saya kembali menekuninya, dan saya juga dibantu pelatih Karate saya sensei Willem Mantiri untuk kembali berlatih. Mungkin mereka telah melihat ada potensi dalam diri saya. Waktu itu Tahun 1995, barulah saya dimasukkan dalam tim puslatda Jawa timur untuk mengikutin kejuaraan Nasional Piala Kasad. Itulah batu pijakan pertama saya. Saat awal karir saya.

Waktu berjalan dan baru di Pelatnas-lah saya betul-betul memahami apa arti kehidupan ini…

umar-syarief
Sumber: Media Indonesia

Kehidupan atlet sebenarnya sangat berat dan tidak nyata seperti kehidupan orang biasa. Kita harus taat kewajiban, disiplin dan mempunyai tanggung jawab yang besar. Tidur dan makan harus teratur, pagi siang dan sore latihan, jauh dari kehidupan luar. Sangat berat. Tapi kalau kita serius dan punya komitmen, saya yakin akan berhasil dan satu lagi tidak sombong dan berpuas diri, karena semua itu adalah sementara karena manusia ada batasnya.

Apabila saya ditanya, apa arti Karate buat saya?

002380300_1474247992-20160918-Umar-Syarief-Belum-Terkalahkan-Tebe-5 (1)
Sumber: Liputan 6

Saya akan mengatakan bahwa Karate-lah yang mengubah jalan hidupku, dengan Karate saya bisa belajar menahan diri, belas kasih, menghormati dan membantu orang lain. Menjadi berguna untuk masyarakat dan komunitas.

Di Karate, saya belajar untuk menghormati teman, sahabat atau lawan. Juga untuk saling menghormati antara senior dan junior. Dan kalau kita menjalankan itu dengan benar saya yakin kehidupan kita akan benar pula.

20 Tahun saya terjun di dunia olahraga. Segalanya saya korbankan untuk meraih medali dan prestasi. Tanpa kecintaan dan pengorbanan mustahil saya bisa selama itu terus konsisten berprestasi untuk Indonesia. Pujian, makian dan penghargaan adalah bagian dari perjalanan ini. Tapi syukurlah semua tidak membuatku sombong sebaliknya membuatku sadar bahwa semua ini adalah sementara.

umar-syarief-karateka
Sumber: Tribunnews

Tanpa latihan dan belajar terus dan terus mungkin saya tidak akan berdiri seperti sekarang. Saya tidak akan menjadi orang yang sama.

Saya bersyukur bisa memberikan kontribusi untuk Bangsaku dan Kota kelahiranku. Dengan Karate saya bisa membuat orang lain turut bangga dan tersenyum dengan perjuangan dan prestasiku.

Pasca pensiun kini…

21151588_1958425724446630_9078546450764679286_n
Dokumetasi: Umar Syarief

Pujian dan penghargaan yang biasa saya terima, sekarang tidak ada lagi. Meskipun rasanya sedikit ada perbedaan, tapi saya tetap kuat menerima itu, karena saya sudah menyiapkan semua dari jauh hari untukku dan keluargaku. Saya juga selalu menekankan respect dan disiplin kepada anak-anak, meskipun anak sulungku lebih suka main bola, dan yang kecil belum terlihat arah minatnya. Tapi respect dan disiplin, saya yakin patut diterapkan di bidang apa saja, bukan hanya Karate.

20882538_1952836388338897_3183383614216437385_n
Dokumetasi: Umar Syarief

Kini saya mendalami group fitness dan menjadi Master Trainer Strong by Zumba untuk Indonesia. Strong by Zumba berhubungan dengan HIIT (High-intensity interval training) dan juga berhubungan dengan kehidupanku selama ini. Strong by Zumba diciptakan sebagus dan senyaman mungkin agar dapat dinikmati dan dilakukan oleh semua kalangan dan umur. Saya sekarang meberikan pelajaran dan pelatihan untuk siapa saja yang mau menjadi instructor training Strong by Zumba.

Ini merupakan kesempatan saya untuk membuka dan memberikan wawasan dan inspirasi kepada rekan-rekan mantan atlet mengenai alternatif karir pasca pensiun, karena selama ini banyak kawan atlet yang setelah pensiun tidak tahu ke mana arahnya.

Inilah saya, berjuang sekuat tenaga demi Negara saya Indonesia. Karena barangkali hanya Presiden dan Atlet yang sanggup mengibarkan Merah-Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di Negeri orang.

Saya sadar semua tergantung pada diri sendiri, mau jadi apa?! Mau seperti apa?! Ingin menjadi sukses, cintailah pekerjaan itu!

20479755_1945357739086762_7789966555650236227_n
Sumber: Umar Syarief

Saya kembali mengingat masa laluku, ayah, ibu, saudara-saudaraku, keluargaku, perubahan hidupku, perjuanganku, prestasi dan medali, caci-maki pujian, jatuh-bangun, kekalahan-kemenangan, saya mensyukuri semuanya. Apalah artinya selain agar dapat berguna bagi Negara dan generasi selanjutnya.


ttd umar syarief