Merawat Sejarah ala Kolektor Jersey Timnas Indonesia

SOCCER-ASIA2000-INDONESIA-S.KOREA
Sumber: Okezone

Perjalanan sejarah Timnas sepak bola Indonesia memang begitu penuh dinamika. Mulai dari prestasi gemilang di kancah Internasional, hingga paceklik gelar yang berkepanjangan. Belum lagi bumbu-bumbu kisah unik yang tak jarang mewarnai perjalanan Timnas kita.

PhotoGrid_1513320721081-1-475x356Nah keragaman kisah inilah yang sangat menarik bagi banyak pemerhatinya, tak terkecuali kawan-kawan yang sangat concern dalam pelestarian sejarah dengan cara mengumpulkan benda-benda bersejarah yang berkaitan denga Tim Nasional Indonesia. Salah satunya melalui medium koleksi kostum tim atau yang lebih beken disebut dengan jersey. Hal inilah yang dilakukan kawan-kawan dari komunitas Kolektor Jersey Timnas Indonesia atau biasa disebut KJTI. Sejak kisaran setahun yang lalu, kawan-kawan yang beranggotakan para kolektor memorabilia ini berkarya dalam hal konservasi sejarah Timnas Indonesia, dan merangkum cerita-cerita yang terkandung di dalam sebuah jersey.

DSCF4274-01
Budi Frastio, ketua Komunitas KJTI bersama legenda Timnas Indonesia, Alexander Pulalo.

Memorabola berkorespondensi dengan ketua komunitas sekaligus founder dari KJTI, Budi Frastio, untuk lebih mengenal, serta memahami gagasan dan tujuan komunitas ini. Berikut Q&A kami:

Halo mas Budi, sebetulnya sejak kapan KJTI resmi berdiri? dan apa sih ide awal pembentukannya?

KJTI sendiri resmi terbentuk pada 18 Maret 2017 dengan tujuan mencari dan mengabadikan sepenggal kisah perjuangan pemain dilapangan hijau melalui jersey, sehingga bisa diceritakan bahwa setiap jersey punya cerita sendiri-sendiri.

Ok, lalu apa sebetulnya yang menjadi semangat utama terbentuknya KJTI?

Ya, tentu kami ingin menjadi komunitas yang merangkul masyarakat dari berbagai latar belakang yang mempunyai kecintaan yang sama, hobi yang sama yaitu jersey serta memotivasi untuk membeli jersey original bukan kw.

Nah setelah latar belakang tadi, apakah ada tujuan jangka panjang dai KJTI?

Kami memiliki cita-cita besar untuk mendekatkan diri atau bahkan merangkul federasi sehingga Timnas Indonesia punya setidaknya museum mini tentang sejarah-sejarahnya (berupa jersey) di setiap momen Timnas bermain atau berdiri di kawasan GBK dan nantinya dapat difungsikan untuk fasilitas stadium tour.

PhotoGrid_1513318207647-475x356

Wow, kami sangat sepakat bahwa hal tersebut penting sebagai pelengkap arsip Timnas kita. Dan lalu sejauh ini program atau kegiatan apa saja sih yang sudah dilakukan kawan-kawan KJTI?

Beberapa program sudah dilakukan, merangkul beberapa pemain eks Timnas, kawan-kawan media, serta mediasi dengan federasi walaupun belum secara formal. 

Oh pemain eks Timnas? Ini juga menarik. Jadi apakah maksud mas Budi, KJTI pernah berkegiatan bersama eks pemain Timnas?

Ya betul, tentu ada beberapa pengalaman bermain bola dan berkegiatan dengan para eks pemain Timnas. Kebanyakan terutama pemain era 80-90an, dan mereka sangat senang dan antusias, karena pada dasarnya mereka memang layak diingat dan dihargai atas apa yang telah mereka lakukan dan berikan untuk Indonesia. Caranya dengan menghormati, menghargai atau bahkan sekedar bercakap tentang kenangan masa lalu, mereka sangat senang dan antusias.

DSCF4262-01

IMG_4093
Peri Sandria, legenda Timnas dan salah satu pemain tersubur dalam sejarah Liga Indonesia, bermain bola bersama komunitas KJTI.

Ok, kami kini mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai visi dan misi komunitas ini. Dan kami rasa banyak kawan yang sama antusiasnya dengan pergerakan KJTI, lalu bagaimana kami bisa mendapatkan informasi yang update mengenai KJTI?

Kawan-kawan bisa menjumpai kami akun Instagram: @kjti_official dan halaman Facebook: Kolektor Jersey Timnas Indonesia serta website resmi kami di: kjtiofficial.id


Subscribe memorabola.com di bagian bawah laman ini, dan ikuti terus updatenya. Dan apabila kamu punya cerita unik dan menarik seputar memorabilia dan nostalgia olahraga, silahkan tulis pesan kepada kami, dan dapatkan special giveaway dari Memorabola.