Sebuah ‘6eladi Sinergi’ dari Surabaya Jersey Community

IMG_8990

Surabaya Jersey Community (SJC), adalah sebuah komunitas pecinta dan kolektor jersey dan memorabilia sepak bola yang berbasis di Surabaya. Komunitas ini dikenal sangat aktif dalam mengkampanyekan edukasi-edukasi mengenai nilai historis koleksi jersey. “Nama Surabaya Jersey Community sebetulnya mulai ada sejak 2014. Sebelumnya di 2012 kami terbentuk dengan nama Love Jersey Surabaya. Tujuannya mengumpulkan teman-teman yang punya minat sama mengoleksi jersey sepak bola di wilayah Surabaya” ujar Yudha Mustopo selaku ketua dan pendiri SJC.

IMG_898927 Agustus 2018, komunitas ini merayakan ulang tahun mereka yang ke-6 dengan mengadakan Anniversary Gathering bertema ‘6ELADI SINERGI’. Acara diisi dengan eksebisi beberapa jersey Persebaya yang bersejarah, juga ada diskusi bersama beberapa perwakilan komunitas seperti Bonek SKJ yang merupakan penggagas berdirinya Panti Asuhan Bonek. Nampak juga Dhion Prasetya, penulis buku ‘Persebaya and Them’ sekaligus mewakili komunitas Pemerhati Sejarah Persebaya berbincang mengenai berbagai kegiatan, kisah-kisah sejarah seputar Persebaya, sepak bola, dan memorabilia secara umum. Turut hadir beberapa rekan komunitas yang berasal dari luar kota seperti Sidoarjo dan Malang dan beberapa rekan media.

Memorabola, diwakili oleh Barry Junius Widjaja selaku founder, turut berpartisipasi sebagai moderator acara yang mendatangkan 6 bintang tamu yang terdiri dari 4 legenda dan 2 pemain aktif Persebaya Surabaya tersebut. Antara lain Soebodro, Bejo Sugiantoro, Mat Halil, Dedy Sutanto, Alfonsius Kelvan dan Adam Maulana. Dialog berlangsung kurang lebih 30 menit dan ditutup dengan pemotongan tumpeng, pembagian pelakat penghargaan, dan sesi tanda tangan, foto bersama dan bercengkerama dengan para bintang tamu.

“Tujuan 6ELADI SINERGI ini adalah merayakan ulang tahun SJC yang ke-6, selain itu kita ingin mempererat tali silaturahmi, bersinergi dengan beberapa komunitas baik dari Surabaya maupun luar Surabaya. Kita juga ingin menampilkan milestone SJC dari Tahun ke Tahun, dari komunitas yang sebatas kumpul dan bicara bola, hingga menjadi komunitas yang memiliki peran dan fungsi di masyarakat, sesuai dengan tagline kami Wani Mandiri Bersinergi” pungkas Yudha.

Kerangka daripada acara yang diadakan di Qubicle Suropati 84 Surabaya ini adalah transformasi yang ditampilkan dari 6 tahun perjalanan Surabaya Jersey Community yang juga diwajahkan dari para bintang tamu yang juga merupakan bagian dari Persebaya Surabaya dari generasi ke generasi yang menyimbolkan sebuah perjalanan. Dari jaman old ke jaman now, sebuah sinergi. (*)