Garuda di Dada Ed Sheeran

Gelora Bung Karno, lagi-lagi menyisakan anomali. Stadion itu dipakai untuk konser, bukan sepak bola! Seru kawan-kawan di jejaring sosial. Dan salah satu yang paling akbar di 2019 sejauh ini tentu adalah konser Ed Sheeran bertajuk Divide World Tour 2019, dimana Indonesia kebagian konser penebusan setelah sebelumnya di 2017 Ed Sheeran pernah gagal merapat ke Indonesia akibat cedera tangan yang dialaminya.

Memang tidak dipungkiri stadion olahraga di Indonesia seluruhmya merupakan sistem sewa pakai. Stadion ini dimiliki oleh pemerintah dan disewa oleh tim-tim lokal setempat. Hal ini menyebabkan timbulnya sistem slot isi stadion. Misalnya ketika promotor musik telah menyewa Gelora Bung Karno sejak dua Tahun sebelumnya, maka ketika tim Nasional Indonesia hendak beruji coba dan baru mengkonfirmasi sewa stadion sebulan sebelumnya, mereka harus tetap menepi sekalipun berlabel uji coba Internasional. Karena stadion di Indonesia berlabel “first come, first serve”.

dok. @teddysphotos

Kira-kira itulah potret fenomena stadion di Indonesia. Tapi tidak perlu sedih, karena minimal pada konser Ed Sheeran tersebut, pada akhirnya kita tetap bisa menyaksikan lambang Garuda di dada. Bagaimana bisa? Yup, karena pada aksi encore konsernya, Ed Sheeran mengganti kaos berlabel Hoax miliknya dengan jersey away Timnas Indonesia berwarna putih.

Sentuhan menarik dari musisi kelas dunia, mengingat rata-rata konser yang diadakannya seringkali berada di venue stadion sepak bola. Hal serupa juga pernah ia lakukan di beberapa Negara yang dia tuju, salah satunya ketika berada di Korea, Singapore, Malaysia dan beberapa Negara lain. Pertanyaan kritisnya sekarang, jersey yang dipakai ori atau kawe ya?! (*)